Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android

ApFinance.id – Hai Teman Gimana kabarnya? Pada posting kali ini, kami akan menjelaskan Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android agar Tak Lemot.

Pasti kalian suka kesel lagi enak-enaknya mainin hp eh malah tiba-tiba lemot bahankan sampe hank, rasanya pengen aja banting aja tu hp kalau udah lemot ya.

Saat ini, Smartphone Android sudah dibekali dengan RAM yang cukup besar untuk menangani multitasking, akan tetapi aktivitas aplikasi yang berjalan bersamaan akan menguras RAM dan memperlambat kinerja Handphone.

Kalau sudah lemot tentunya kita akan kesulitan menggunakan handphone nya ya!

Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android

Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android

Oke langsung saja Apfinance akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan performa handphone Android. Silahkan disimak ya!

1. Pastikan OS Update Terbaru

Pertama, pastikan Handphone adroid sobat sudah berada diperbarui ke versi terbaru. Jika ragu sobat bisa cek dibagian About Phone pada aplikasi Pengaturan Handphone sobat.

Kalian bisa memilih opsi Periksa pembaruan dan lakukan Softwarer Update. Proses update ini mungkin membutuhkan waktu data cukup besar,

jadi pastikan Kalian terhubung ke jaringan WiFi jadi perangkat Anda dapat menghindari biaya data tambahan.

2. Copot pemasangan dan nonaktifkan aplikasi tidak lagi digunakan.

Sebelum dimulai, sebaiknya sobat sortir dulu aplikasi mana yang tidak sering digunakan, ada beberapa aplikasi bawaan hp yang mungkin ga bisa di hapus,

meskipun begitu sobat tetap dapat menonaktifkan aplikasi tersebut sehingga nantinya kinerja handphone sobat tidak terlalu terbebani.

Untuk caranya silahkan sobat Buka Pengaturan > Aplikasi, lalu lihat daftar aplikasi dan nonaktifkan yang tidak berguna namun tidak bisa dihapus tadi.

3. Bersihkan cach

Bersihkan cache (Untuk pengertian data cache, Anda bisa cek di google, karena sudah banyak yang menjelaskannya.)

Karena cache data yang disimpan di Handphone Android meningkat setiap kali digunakan, fungsionalitas dan kecepatannya menurun seiring waktu.

Untuk membersihkan cache pada Handphone Android. Sobat dapat memilih dari berbagai opsi: dengan cara menggunakan aplikasi atau menghapusnya secara manual.

Tapi disini kami lebih merekomendasikan membersihkan cache tanpa aplikasi.

Caranya sangat simple Sobat hanya perlu membuka aplikasi Pengaturan> Penyimpanan> Hapus cache. Tunggulah proses penghapusan cache sampai selesai.

4. Matikan Auto-Sync

Untuk mematikan Auto-Sync ini biasanya terdapat pada aplikasi yang berfungsi untuk menerima informasi terbaru seperti email, media sosial, dan lainnya.

Fitur ini sebetulnya berguna jika kalian menggunakannya dengan benar, akan tetapi di sisi lain, fitur ini juga dapat menyebabkan kinerja Handphone jadi menyebalkan.

Jadi kalian tidak dapat menggunakan fungsinya agar Handphonenya tetap berfungsi dengan baik.

5. Factory Reset / Setel Ulang Pabrik

Ini merupakan pilihan terakhir yang bisa sobat lakukan jika handphone sobat masih mengalami masalah lemot.

Dengan menggunakan cara ini Handphone sobat akan kembali ke kondisi saat sobar pertama kali membelinya.

Resikonya adalah kemungkinan data dan aplikasi terhapus dari perangkat yang sobat gunakan.

Jadi sebelum melakukan Factory Reset, sebaiknya sobat backup dulu semua data penting yang ada Handphone sobat ya.

Demikian pembahasan dari kami mengenai cara handphone lebih cepat dan ringan yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini.

Baca Juga :

Semoga tips & Trik Cara Agar Handphone Android lebih Cepat dan Ringan Ketika Membuka Aplikasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda ya, Terimakasih.