Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Mengatasi Windows 10 Lemot – Kebutuhan akan laptop masih termasuk tinggi, terutama di masa pandemi. Belakangan, salah satu yang banyak digandrungi adalah windows 10.

Sistem operasi ini dapat meningkatkan performa laptop, namun sebagai alat teknologi tentunya laptop Windows 10 lemot juga dapat terjadi.

Meski begitu, Windows 10 masih unggul karena kecanggihannya yang multifungsi. Inilah cara untuk mengatasi masalah lemot pada laptop Windows 10 :

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

1. Menghapus Program yang Tidak Diperlukan

Hapus (uninstal) program yang dirasa tidak terlalu penting. Laptop Windows 10 lemot dapat disebabkan oleh banyaknya program maupun aplikasi yang ada di dalamnya.

Periksa daftar aplikasi yang ada, lalu uninstal yang jarang dipakai atau tidak lagi diperlukan.

Sisakan memori penyimpanan bagi hal penting saja agar laptop tidak sering lemot.

2. Restart Perangkat

Restart laptop jika sudah tidak dimatikan selama berhari-hari. Cara ini seringkali ampuh karena dapat membersihkan perangkat dari gangguan yang menyebabkan lemot.

Seringkali pengguna Windows 10 tidak mematikan karena sistem ini bisa otomatis membuat display menuju mode sleep.

Meski demikian, sering melakukan hal ini dalam waktu lama bisa mengakibatkan laptop lambat.

Biasakan mematikan laptop setiap harinya sesudah digunakan. Hal ini untuk memberi kesempatan bagi laptop untuk beristirahat dan memulihkan beberapa aplikasi yang tadinya menyedot RAM sehingga menimbulkan lemot.

3. Menghapus File di Folder Temp

Lakukan penghapusan file di folder bernama temp. Caranya dengan klik Windows + R. Berikutnya ketikkan %temp% dan “Enter”.

Selanjutnya tekan kombinasi tombol CTRL + A. Tekan Shift + Del untuk menghapus file yang terdapat dalam folder temp.

File ini adalah sisa ekstrak berbagai aplikasi yang otomatis tersimpan. Folder ini seringkali luput dari perhatian penggunanya,

padahal jika tidak dihapus secara rutin akan menumpuk dan memenuhi memori laptop. Memori yang banyak digunakan artinya risiko laptop lemot juga bertambah.

4. Memperbarui RAM

Pertimbangkan untuk mengganti RAM dengan ukuran yang lebih besar jika laptop Windows 10 lemot.

Performa RAM berpengaruh terhadap kinerja laptop. Apabila lemot yang terjadi di laptop sudah parah meski telah melakukan berbagai cara,

coba ganti RAM yang ukurannya lebih besar. Kapasitas RAM ini dapat meningkatkan kinerja Windows 10 sehingga tidak lagi lemot.

5. Mematikan Special Effects

Nonaktifkan special effects yang terdapat di laptop. Windows 10 unggul dengan animasi serta efek khususnya yang memanjakan mata.

Meski demikian, hal ini terkadang bisa menyebabkan laptop lemot. Cara untuk mengganti pengaturannya mudah, masuk menuju “Control Panel” lalu “System & Security”.

Berikutnya pilih “System”, “Advanced System” berikutnya klik “Performance”. Di bagian ini pengguna bisa memilih opsi mana saja yang akan dinonaktifkan.

6. Menghapus Update Backup Windows

Hapus backup yang berasal dari Windows update. File backup ini tidak dibutuhkan, namun jika tidak dihapus akan menumpuk dan mengakibatkan laptop lemot.

Cara untuk menghapusnya yaitu pilih “Disk Cleanup” yang ada di kolom pencarian Windows 10.

Pilihlah Drive yang ingin dianalisis, contohnya local disc C. Tekan “Ok”, lalu tunggu sesaat hingga muncul daftarnya Tambahan tanda centang di file yang ingin dihapus, selesaikan dengan “Ok”.

7. Menggunakan Antivirus

Instal apps antivirus terpercaya, atau bisa memakai Windows Defender untuk melakukan pemeriksaan apabila laptop terserang virus.

Tidak hanya virus, namun spyware serta malware juga bisa menyebabkan lemot. Cegah dengan antivirus yang melindungi laptop setiap saat.

Baca Juga :

Demikian informasi seputar bagaimana mengatasi laptop Windows 10 lemot. Pengguna laptop dengan OS ini tidak perlu lagi khawatir karena ada banyak opsi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki fungsinya.